Legenda Ikan Sakti Sungai Janiah

By arini eka putri - June 10, 2017


Pernah dengar cerita tentang anak durhaka yang dikutuk menjadi batu? Yaps, tentunya sudah familiar dong dengan legenda yang berasal dari Sumatera Barat ini. Selain legenda ini, ternyata Sumatera Barat juga mempunyai banyak legenda lainnya. Salah satunya adalah Legenda Ikan Sakti Sungai Janiah.

Sungai Janiah adalah daerah yang terletak di Kecamatan Baso, Kabupaten Agam Sumatera Barat. Di sungai janiah ini terdapat sebuah kolam dengan banyak ikan yang berukuran besar. Konon katanya, ikan tersebut dulunya adalah jelmaan manusia.

Penasaran dengan ceritanya?
Cerita tentang Sungai Janiah ini sering aku dengar sewaktu kecil. Sebenarnya ada beberapa versi yang aku dengar dari cerita ikan sakti sungai janiah ini, tapi intinya ikan sakti tersebut adalah anak manusia yang tiba-tiba menghilang ketika kedua orang tuanya pergi berladang. Karena tidak menemukan anaknya di rumah, orang tua si anak tersebut pun sibuk mencari namun tak kunjung bertemu. Sampailah pada suatu malam si orang tua ini bermimpi kalau anaknya sudah menjadi ikan di sumur/kolam.

Ikan di kolam ini tidak boleh dimakan. Masyarakat percaya bahwa jika memakan daging ikan ini akan mendapatkan kesialan dan sakit. Selain itu, katanya setiap Hari Raya Idul Adha akan ada ikan sebesar anak kerbau yang muncul di tengah kolam.
Cerita Legenda anak yang berubah menjadi ikan ini menjadi daya tarik orang-orang untuk datang ke kolam Sungai Janiah. Kolam ini pun dijadikan sebagai objek wisata oleh masyarakat sekitar.

Bagi yang masih penasaran dengan objek wisata ini, udah aku rangkum dalam bentuk video. Bisa mampir kesini yaa Video Legenda Ikan Sakti Sungai Janiah - Anak manusia yang berubah menjadi ikan
Jangan lupa like dan subscribenyaa :)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar