Ngulik : 5 Fakta Coto Makassar

By ekamek - May 05, 2018


Berhubung kemarin nulis tentang pengalaman Berburu Coto Makassar di Balikpapan, ternyata makanan khas asal Sulawesi Selatan ini ada sejarahnya loh. Dikutip dari berbagai sumber, ini dia fakta Coto Makassar yang perlu kamu ketahui:

1. Coto Makassar dianggap sebagai jenis masakan sup atau kuah tertua di Indonesia.
Katanya, Coto Makassar suda ada sejak kerajaan Gowa pada tahun 1538 yang berpusat di Sombaopu, wilayah selatan kota Makassar.

2. Diciptakan oleh rakyat jelata dan disajikan kepada para pengawal kerajaan.
Coto Makassar disajikan kepada para pengawal kerajaan sebelum bertugas menjaga kerajaan di pagi harinya. Karena cita rasanya yang tinggi, Coto Makassar pun menjadi hidangan khusus bagi kalangan istana kerajaah Gowa. Saat kedatangan tamu istimewa ataupun ritual ada pasti makanan ini tak luput disajikan.

3. Mendapat pengaruh dari kuliner Cina
Hal ini dapat dilihat dari jenis sambal yang digunakan yakni sambal tauco sebagai salah satu identitasnya. Karena pada masa itu banyak bangsa Cina yang datang untuk berdagang.

4. Diracik dari 40 jenis rempah
Orang Makassar menyebutnya ampah patang pulo yang terdiri dari kacang, kemiri, cengkeh, pala, foeli, sereh yang ditumbuk halus, lengkuas, merica, bawang merah, bawang putih, jintan, ketumbar merah, ketumbar putih, jahe, laos, daun jeruk purut, daun salam, daun kunyit, daun bawang, daun seledri, daun perei, lombok merah, lombok hijau, gula tala, asam, kayu manis, garam, pepaya muda untuk melembutkan daging, dan kapur untuk membersihkan jeroan.

5. Tetap sehat dimakan, meskipun berisi jeroan
Selain sebagai penyedap dan penyempurna rasa, pencampuran 40 rempah yang terkandung dalam Coto Makassar juga berfungsi sebagai penawar zat yang terdapat dalam hati, babat, jantung, dan limpang yang banyaj banyak mengandung kolesterol.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar